Rabu, 25 Juni 2014

Perancangan sistem online pada toko Dillon

Perancangan sistem E-commerce pada toko Dillon

I.1 Latar Belakang 
     
     Dinamika sosial masyarakat di dunia saat ini telah mengalami perubahan pesat.
Hal ini ditandai oleh perkembangan yang spektakuler di bidang teknologi informasi
dan teknologi komunikasi. Hal yang paling menonjol dalam perkembangan teknologi
informasi dan teknologi komunikasi adalah hadirnya suatu teknologi baru berupa
jaringan komputer yang terhubung ke seluruh dunia, yaitu internet.

     Di masa lalu, aktivitas dunia perdagangan (commerce) dilakukan melalui
penawaran langsung tapi pertumbuhan drastis dari internet telah mengubah
paradigma tersebut. Melalui internet, pedagang dapat menawarkan produknya secara
online kepada pembeli tanpa perlu bertatap muka.

     E-commerce (perdagangan melalui internet) mengizinkan pedagang untuk
menjual produk-produk dan jasa secara online. Calon pembeli atau konsumen dapat
menemukan website pedagang, membaca, melihat produk-produk, dan memesannya
secara online.

     E-commerce berdasarkan sifat transaksinya diklasifikasikan menjadi empat
macam. Salah satunya adalah business to consumer. Business to consumer
merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan

     Toko Dillon adalah sebuah toko di Kota Depok yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari. Sampai saat ini Toko Dillon hanya menggunakan sistem transaksi secara manual. Pemilik toko Dillon menginginkan agar tokonya dikenal lebih luas tetapi dengan biaya yang rendah. Pemilik toko Sahaaba juga ingin penjualan tetap bisa berjalan online

     Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merancang dan membuat sistem
informasi pada toko Dillon dengan menggunakan metode waterfall dalam
pengembangan sistemnya. Dengan dibuatnya sistem informasi tersebut diharapkan
dapat memperkenalkan toko Dillon secara luas dan mampu melakukan penjualan
secara online.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar