Senin, 12 Maret 2012

Kemanusiaan dan Kebudayaan Di indonesia

Kemanusiaan & Kebudayaan

Nama : Dillon Reigura Nazar
NPM : 12111092
Kelas : 1KA08
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
HAKEKAT MANUSIA
            Manusia terdiri dari tubuh dan jiwa dan membentuk satu kesatuan yang utuh serta memiliki akal yang membedakannya dengan makhluk lain serta memiliki perasaan. Tubuh dapat dilihat, juga dapat di rasa, sedangkan jiwa hanyalah roh yang ada di dalam tubuh manusia. Perasaan manusia terdiri dari perasaan inderawi dan perasaan rohani . Perasaan rohani adalah perasaan yang hanya terdapat pada manusia saja. Perasaan rohani juga terdiri dari 6 kesatuan, yaitu perasaan intelektual, estetis, etis, diri, sosial, dan religious. Manusia mempunyai kualitas dan martabat karena mampu bekerja dan berkarya, oleh karena itu manusia diberi akal oleh Tuhan YME  . Manusia juga dapat disebut makhluk biokultural, yaitu makhluk hayati yang budayawi,  yang memiliki banyak keanekaragaman budaya yang berbeda satu sama lain .
KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
Disini, dalam mengenal kepribadian seseorang, kita dapat melihat dari kebudayaan masing-masing disetiap bangsa dan negara. Adapun, disetiap bangsa banyak aneka ragam kebudayaan dari setiap tempat yang akan dikunjungi. Saya mengambil salah satu contoh dari pribumi asli Indonesia yaitu Rambu Solo yang beralokasikan di Toraja.
Rambu Solo adalah pesta atau upacara kedukaan /kematian. Adat istiadat yang telah diwarisi oleh masyarakat Toraja secara turun temurun. Bagi keluarga yang ditinggal wajib membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Setelah melewati serangkaian acara, si mendiang di usung menggunakan Tongkonan (sejenis rumah adat khas Toraja) menuju makam yang berada di tebing-tebing dalam goa.
Nama makamnya adalah pekuburan Londa. Yang unik dari upacara rambu solo adalah pembuatan boneka kayu yang dibuat sangat mirip dengan yang meninggal dan diletakkan di tebing.Uniknya lagi… konon katanya, wajah boneka itu kian hari kian mirip sama yang meninggal.
Dalam acara adat yang diatas, dapat kita simpulkan bahwa salah satu kebudayaan dapat di wariskan turun-menurun dan  juga mencerminkan kepribadian dari masing-masing individu itu sendiri .


BAGAN PSIKO-SOSIOGRAM MANUSIA



DEFINISI KEBUDAYAAN
Dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah . Dalam bahasa sansekerta berasal dari kata budhayahyang berarti budhi atau akal. Kebudayaan menurut E.B.Tylor (1871) adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang di dapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat . Menurut Sutan Takdir Alisyahbana kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir . Jadi, kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dihasilkan dari akal budi manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya atau dapat juga diartikan sebagai segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya .
UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL
Ada 7 unsur kebudayaan universal menurut C. Kluckhohn, yaitu :
1.   Sistem Religi (sistem kepercayaan)
Manusia yang mempunyai akal dan perasaan akan mempunyai pikiran bahwa ada kekuatan besar yang maha besar, yaitu sang pencipta, yang menciptakan manusia itu sendiri dan alam semesta, sehingga manusia takut dan menyembahNYA . Oleh karena itu muncullah kepercayaan yang sekarang menjadi agama .

2.   Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain untuk tetap bertahan hidup bermasyarakat dan bernegara, sehingga disusunlah organisasi kemasyarakatan untuk meningkatkan kesejahteraan antar masyarakat itu sendiri .

3.   Sistem Pengetahuan
Pengetahuan di dapat karena manusia memiliki akal, sehingga pengetahuan itu terbentuk dan disampaikan dari generasi ke generasi sehingga dapat menyebar luas . Penyampaian pengetahuan itu dapat melalui lisan ataupun tulisan .

4.   Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem-sistem Ekonomi
System mata pencaharian terbentuk karena kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat .

5.   Sistem Teknologi dan Peralatan
Semakin hari pengetahuan manusia semakin meningkat sehingga dapat menciptakan suatu teknologi-teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia .

6.   Bahasa
Bahasa manusia pada awalnya di bentuk dari kode yang kemudian di sempurnakan dalam bentuk bahasa lisan dan menjadi bahasa tulisan .

7.   Kesenian
Kesenian di dasarkan akan kebutuhan psikis manusia agar memiliki kepuasan pandangan mata, pendengaran, dll .
WUJUD KEBUDAYAAN
Kebudayaan memiliki 3 wujud menurut dimensi wuudnya, yaitu :
1.   Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
Gagasan manusia bersifat abstrak, tidak dapat dilihat . Gagasan manusia dapat dituangkan dalam lisan ataupun tulisan atau dibukukan .

2.   Kompleks aktivitas
Wujud aktifitas ini sering di sebut sebagai saling interaksi antar sesame manusia . Saling berhubungan serta bergaul satu sama lain dari hari kehari menurut adat tata kelakuan .

3.   Wujud sebagai benda
Maksud dari pada wujud sebagai benda adalah manusia yang saling berinteraksi memerlukan berbagai peralatan untuk menghasilkan karya untuk memenuhi kebutuhannya .
OPINI
Dalam suatu negara pasti memiliki banyak keanekaragaman  kebudayaan.  Aneka kebudayaan itu memiliki keterkaitan erat dengan manusia dan lingkungan tempat tinggalnya . Karena sesungguhnya yang menciptakan kebudayaan adalah manusia itu sendiri . Manusia memiliki akal, oleh karena itu manusia menciptaka kebudayaan. Kebudayaan di setiap tempat berbeda-beda dan unik, karena kebudayaan itu dapat mencerminkan pribadi atau keadaan lingkungan tersebut. Kebudayaan menurut pendapat saya adalah tata cara atau cara hidup masyarakat yang mengelilingi kehidupan seseorang atau sekumpulan orang . Di dalam kebudayaan juga terdapat lingkungan sosial budaya yang artinya kekuatan kelompok manusia yang mempengaruhi tingkah laku mereka dan interaksi antar mereka . Didalam kehidupan bermasyarakat, lingkungan kebudayaan ada dua macam, yakni lingkungan kebudayaan positif dan lingkungan kebudayaan negatif . Contoh kebudayaan yang positif adalah hidup gotong royong, yang merupakan salah satu kegiatan untuk meringankan beban kehidupan masyarakat . Sedangkan contoh lingkungan kebudayaan yang negatif adalah pergaulan bebas, yang cenderung meninggalkan norma-norma agama .
Budaya terbentuk dari berbagai unsur-unsur . Salah satu unsur budaya tersebut adalah agama dan kepercayaan. Sebenarnya kebudayaan adalah satu bagian dalam diri manusia itu sendiri, suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan, karena kebanyakan manusia berfikir bahwa kebudayaan itu turun-menurun dari generasi sebelumnya . Maka dari itu kebudayaan termasuk salah satu faktor penting yang dapat mempererat hubungan antar masyarakat sesama budaya dan juga kita dapat mempelajari kebudayaan orang lain sehingga akan ada rasa toleransi sesama manusia, karena sesungguhnya kebudayaan di setiap tempat itu khas .

NARASUMBER :
Dan sedikit menambahkan buatan sendiri
MP.Suyadi, Drs; Ilmu Budaya Dasar; Modul UT; PT Karunika, Jakarta,
1990.
Muhamad Kadir SH, Ilmu Budaya Dasar; Fajar Agung, Jakarta, 1990.
Konsorsium Antar Bidang; Ilmu Budaya Dasar, Dept. P & K, 1992.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar