Rabu, 25 Juni 2014

Portofolio diri

Nama                           : Dillon Reigura Nazar
Umur                            : 20 Tahun
Pendidikan  Sekarang   : Fakulitas Komputer, Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma
Pendidikan Akhir          : SMA Negri 87 Jakarta selatan
Blog                             : http://dillonreigura.blogspot.com/
Keterampilan               : Bermain bola, Pemograman Komputer, Membuat web dan membuat berbagai                                               Software

Riwayat Hidup : 
  
    Saya dillon reigura nazar lahir di jakarta pada tanggal 18 agustus tahun 1993, Saya mempunya dua orang tua yang masing masing bekerja sebagai wiraswasta, saya mempunyai se orang adek yg ber beda 6 tahun dengan saya. Saya memulai pendidikan saya pada kelompok bermain di sekolah labschool yang berada di rawamangun, lalu setelah itu saya TK di al-azhar bintaro hingga SD saya ber sekolah disana lalu setelah saya lulus SD saya melanjutkan pendidikan saya di SMP Negri 177 jakarta selatan, setelah saya lulus darisana saya kembali melanjutkan pendidikan saya di sekolah negri yang tepatnya ada lah SMA Negri 87 Jakarta selatan, setelah saya lulus sma pada tahun 2011 saya melanjutkan pendidikan kuliah saya di salah satu unversitas swasta terbaik di Indoensia yaitu Universitas Gundarma, saat ini saya ber ada di smester 6. selama hidup saya, saya banyak mengikuti kegiatan bakti sosial, saya juga pernah menjuarai berbagai turnament sepak bola di jakarta, pada saat kuliaj saya lebih fokus ke bidang saya, oleh karena itu saya sering mengikuti berbagai seminar yg ber hubungan dengan komputer karena itu semua untuk karir saya kedepannya.

Perancangan sistem online pada toko Dillon

Perancangan sistem E-commerce pada toko Dillon

I.1 Latar Belakang 
     
     Dinamika sosial masyarakat di dunia saat ini telah mengalami perubahan pesat.
Hal ini ditandai oleh perkembangan yang spektakuler di bidang teknologi informasi
dan teknologi komunikasi. Hal yang paling menonjol dalam perkembangan teknologi
informasi dan teknologi komunikasi adalah hadirnya suatu teknologi baru berupa
jaringan komputer yang terhubung ke seluruh dunia, yaitu internet.

     Di masa lalu, aktivitas dunia perdagangan (commerce) dilakukan melalui
penawaran langsung tapi pertumbuhan drastis dari internet telah mengubah
paradigma tersebut. Melalui internet, pedagang dapat menawarkan produknya secara
online kepada pembeli tanpa perlu bertatap muka.

     E-commerce (perdagangan melalui internet) mengizinkan pedagang untuk
menjual produk-produk dan jasa secara online. Calon pembeli atau konsumen dapat
menemukan website pedagang, membaca, melihat produk-produk, dan memesannya
secara online.

     E-commerce berdasarkan sifat transaksinya diklasifikasikan menjadi empat
macam. Salah satunya adalah business to consumer. Business to consumer
merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan

     Toko Dillon adalah sebuah toko di Kota Depok yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari. Sampai saat ini Toko Dillon hanya menggunakan sistem transaksi secara manual. Pemilik toko Dillon menginginkan agar tokonya dikenal lebih luas tetapi dengan biaya yang rendah. Pemilik toko Sahaaba juga ingin penjualan tetap bisa berjalan online

     Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merancang dan membuat sistem
informasi pada toko Dillon dengan menggunakan metode waterfall dalam
pengembangan sistemnya. Dengan dibuatnya sistem informasi tersebut diharapkan
dapat memperkenalkan toko Dillon secara luas dan mampu melakukan penjualan
secara online.





Sejarah terciptanya pesawat

          Sejarah awal terciptanya pesawat terbang yang populer di masyarakat adalah ketika seabad silam Orville Wright berhasil menerbangkan sebuah pesawat kecil di North Carolina, Amerika Serikat. Namun, penerbangan itu cuma berlangsung selama 12 menit. Walau hanya sebentar ini merupakan penerbangan pertama dengan pesawat terbang bermotor. Selain itu, penerbangan perdana ini juga merupakan moment penting yang membuka jalan menuju era penerbangan modern.

Sejarah telah mencatat bahwa penemu pesawat terbang adalah Wilbur Wright dan Orville Wright atau kadang orang-orang menyebut mereka Wright bersaudara. Ketika itu, Wright bersaudara mengamati bagaimana burung memainkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan di udara. Mereka akhirnya memiliki ide untuk menciptakan sesuatu menyerupai burung yang menggunakan sayap agar bisa diterbangkan di udara.

Percobaan demi percobaan pun dilakukan dan kemudian pada tahun 1903 percoban mereka mendekati sempurna. Akhirnya pada tahun 1908 Wright bersaudara mampu membuktikan ke masyarakat umum bahwa mereka mampu menerbangkan pesawat buatan mereka. Wilbur Wright menerbangkan pesawatnya ke Perancis, dan membuat demonstrasi akrobatik di udara. Dia juga membuat perusahaan untuk memasarkan hasil ciptaannya. Sejak keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan pesawat bermotornya, teknologi penerbangan maju dengan cepat.

Sebenarnya sebelum Wright bersaudara ada beberapa orang yang telah berusaha menciptakan pesawat terbang. Tapi hasil upaya mereka tidak secemerlang Wright bersaudara. Pada akhir tahun 1840-an misalnya, Sir George Cayley dari Inggris membuat pesawat terbang layang yang bisa mengangkut satu orang ketika mengudara setelah ditarik.

Kemudian pada tahun 1890-an, seorang warga Jerman, Otto Lilienthal mengudara dengan pesawat gantole dari puncak bukit. Pada tahun 1947, terjadi kemajuan yang sangat berarti. Pilot asal Amerika, Chuck Yeager berhasil menerbangakn pesawat melebihi kecepatan suara. Padahal sebelumnya, orang sangat yakin bahwa pesawat tidak akan mungkin terbang lebih cepat dari kecepatan suara.

Sumber : http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/97-sejarah-ditemukan-pesawat-terbang

Dampak Negatif dan Positif dari internet

Dampak Negatif dan Positif dari internet


Internet merupakan jaringan komputer global yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan  komputer yang saling terhubung dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan ini memungkinkan berbagai aplikasi ditransfer  antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang terhubung dalam internet.
Internet sendiri pada awalnya muncul pada tahun 1969 di AS, yaitu teknologi yang diawali oleh proyek yang dilakukan oleh departemen AS. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin milyaran, isinya memuat berbagai topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk kehidupan manusia. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Dampak Positif Internet
Sebagai Media Komunikasi
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Misalnya komunikasi melalui chatting, kirim e-mail, video conference, termasuk situs jejaring sosial seperti facebook, tweeter, dan friendster yang digandrungi para remaja untuk mencari teman.
Internet Sebagai Media Pertukaran Data
Internet bisa sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan www (world wide web) yang memungkinkan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Internet Sebagai Media Untuk Mencari Informasi Atau Data
Informasi kini sangat cepat berkembang, berita yang kita baca kemarin atau satu minggu yang lalu di media cetak mungkin sudah tidak relevan di hari ini. Bahkan informasi yang tidak terdapat di media cetak, bisa kita dapatkan melalui internet. Hanya dengan mesin pencari seperti google, yahoo, msn, informasi penting yang dicari bisa didapatkan dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh siswa dan mahasiswa untuk mencari data.
Internet  Sebagai Media Pendidikan dan Hiburan
Melalui internet kini sudah banyak tersedia perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, perangkat pendidikan tersebut kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, dapat ditambahkan gambar, foto, musik, serta video yang mendukung, sehingga anak semakin suka belajar melalui internet.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play). Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Kini juga banyak berkembang kursus-kursus yang diadakan melalui internet, dimana peserta kursus tidak mesti harus datang belajar ke tempat kursus pada waktu-waktu tertentu , namun cukup belajar secara online dari rumah kapan saja, misalnya belajar internet marketing di asianbrain.com
Internet Sebagai Media Bertransaksi Dan Berbisnis
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis melalui internet memungkinkan kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan. Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini disebut E-Commerce (electronic commerce) yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Misalnya membeli baju, membeli ebook, beraneka kue kering, kerajinan tangan, langganan majalah, beli laptop, dan lain sebagainya.
Dampak Negatif Internet
Selain berbagai manfaat positif yang kita dapatkan melalui internet, ternyata ada beberapa orang yang justru memanfaatkan kecanggihan internet untuk hal-hal yang bersifat negatif. Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan internet.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terutama bagi kaum remaja Disana mereka bisa melihat gambar-gambar porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu semua dapat merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan)
Banyak juga game-game online yang memperlihatkan hal yang bersifat sadis, kejam. Hal ini bisa bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal, perilaku agresif dan sadisme terutama bagi anak-anak.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Contohnya  adalah penipuan undian berhadiah, atau iklan-iklan/program kaya secara instan . Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding (Kejahatan penggunaan karu kredit)
Tren belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet karena sifatnya yang real time (langsung). Oleh sebab itu para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Diantaranya adalah pencurian uang di bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Ada juga membeli barang tertentu menggunakan kode kartu kredit orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya ternyata saldo di rekeningnya telah berkurang.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya, hanya cukup online dari rumah saja, dan taruhannya biasanya ditransfer melalui kartu kredit. Namun kita tidak mudah terjebak dari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Nah sekarang semuanya tergantung kita sendiri mau memanfaatkan internet sebagi hal yang positif yang sudah jelas akan memberikan segudang  manfaat untuk kehidupan kita, atau malah memanfaatkan sisi negatif yang pasti nantinya akan merugikan kita sendiri.